Penyebab Immobilizer Tidak Dapat Berfungsi

Fungsi immobilizer tidak hanya sebagai kunci kontak untuk menghidupkan mesin mobil, tapi juga menjadi piranti keamanan. Teknologi pada immobilizer memungkinkan mobil hanya bisa dihidupkan dengan kunci immobilizer itu sendiri, bukan yang lain. Lalu bagaimana jika immobilizer tidak bekerja? Bagaimana pula cara mengatasinya? Simak ulasan berikut!


Mobil yang dilengkapi fitur Immobilizer biasanya hanya dapat dihidupkan menggunakan kunci aslinya, apabila yang digunakan adalah kunci duplikat, mesin pada mobil pun akan tetap mati. Hal ini dikarenakan teknologi pada kunci asli telah tertanam microchip yang mengirimkan sinyal untuk menghidupkan mesin. Sementara pemilik mobil yang memiliki sistem keamanan tersebut biasanya mempunyai 3 kunci asli sebagai cadangan.

Immobilizer sendiri berbeda dari alarm, dimana sistem immobilizer ini tak mengeluarkan suara atau bunyi saat pengemudi tak menekan tombol unlock dalam kunci asli, sistem immobilizer ini dapat bekerja dengan cara menonaktifkan sirkuit mobil, karenanya mobil tidak bisa hidup sementara alarm mengeluarkan suara. Namun ada kalanya Immobilizer tidak bekerja karena suatu masalah.

Kelebihan Menggunakan Immobilizer

Kelebihan memakai Immobilizer ini ialah anti pencurian, sebab mesin mobil hanya bisa dihidupkan menggunakan kunci asli. Sementara kekurangan mobil menggunakan sistem keamanan immobilizer ini ialah harganya mencapai jutaan rupiah. Jadi bila semua kuncinya hilang, penggantian pun harus dilakukan secara keseluruhan, mulai dari kunci, rumah kunci, hingga penerima sinyal.
Fitur Immobilizer sekarang ini sudah menjadi fitur standar pada mobil-mobil yang dipasarkan di tanah air, tak hanya untuk kelas premium saja tetapi juga sudah diaplikasikan pada mobil-mobil reguler. Immobilizer sendiri adalah teknologi pengamanan pada mesin mobil dimana jika ingin mesin bisa menyala pemilik mesti memasukkan kunci dengan kode yang serupa pada transponder kendaraan. Jika memasukkan kunci tanpa kode tersebut, mesin mobil pun akan sulit menyala begitu pula saat Immobilizer tidak berkerja mesin juga sulit untuk dinyalakan.

Lalu, Apakah Teknologi Immobilizer Bisa Rusak?
Sebenarnya kunci Immobilizer tak ada umur penggunaan. Teknologi tersebut termasuk ke dalam sistem keamanan pasif dan sering kita jumpai pada kartu akses parkir dan RFID. Permasalahan terjadi ketika pemilik tak memahami jika mobil mereka memakai fitur immobilizer. Seperti mereka membuat duplikasi kunci, dan mereka hanya melakukan duplikasi batangan kunci mobilnya saja tanpa menggunakan kode di dalamnya. Selain itu, ada beberapa faktor penyebab kerusakan Immobilizer tidak bekerja, diantaranya:
  •  Kerusakan Wadah atau Case Kunci
Kerusakan case atau wadah kunci biasanya pecah akibat disimpan pada kantung belakang. Bisa juga dikarenakan faktor umur. Jika hal ini terjadi, Anda harus mengganti wadah atau case kuncinya. Contohnya pada kunci mobil Toyota Fortuner, selain batang pada badan kuncinya juga terdapat chip yang digunakan untuk Immobilizer. Chip tersebut biasanya ditanam pada case kunci yang mungkin saja pecah jika terinjak, terduduki, atau jatuh. 
Karena itu pastikan untuk menjaga kunci tersebut Cegah kunci jangan sampai terinjak atau diduduki, apalagi sampai pecah yang membuat Immobilizer tidak berfungsi.
  • Baterainya Rusak
Fitur Immobilizer jarang sekali mengalami kerusakan, jika bermasalah mungkin hanya bagian baterainya saja. Adapun biasanya masalah yang terjadi adalah daya baterainya sudah habis. Jika daya baterainya habis, sebaiknya ganti dengan baterai yang baru.
  • Terganggunya Pengenalan Kode Kunci Pada Sensor
Walaupun jarang sekali terjadi, kerusakan biasanya terjadi akibat interferensi gelombang pada pemancar radio yang ada di sekitar dapat mengganggu pengenalan kode oleh sonser. Ini juga biasanya sering terjadi pada mobil yang memakai system keyless smart key. Dikarenakan jarak pada sensor dan kunci lebih jauh dibandingkan kunci yang diletakkan pada soket kontak, sehingga gangguan radio pun lebih berpengaruh.
Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya jangan panik. Anda bisa menempelkan kunci pada bagian bawah dashboard sebab di situ biasanya terdapat sensor penerima gelombang. Jika tidak bisa, Anda bisa meletakkan kunci pada sejumlah titik di dalam mobil.

Masalah yang terjadi pada mobil dengan Immobilizer sebenarnya tidak terlalu banyak, hanya saja Anda harus memastikan bahwa kunci immobilizer mobil Anda tetap aman dan tidak sampai terjatuh yang membuat Immobilizer tidak berfungsi.

Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi kami :
HP/WA : 0823-9116-2869

Semua masalah kunci Mobil anda disini solusinya...!!!

Load comments

0 Comments